Ini Tanda-tanda Tubuh Banyak Timbunan Racun


Timbunan toksin atau racun yang mengendap dalam tubuh kita disebabkan oleh banyak faktor, diantarnya pengaruh konsumsi makanan, minuman, dan juga obat-obatan kimia.
Menurut Purushothaman Munirathinam seorang dokter Naturopathy dan Yogic Science berkebangsaan India, detoks merupakan cara alami yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pembuangan toksin dari dalam tubuh.
Puru menambahkan, ketika dalam tubuh kita sudah terlampau banyak timbunan toksin dan racun yang mengendap, maka tubuh akan memberikan sinyal atau isyarat. Sehingga, kita bisa segera mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan detoksifikasi.
Beberapa sinyal yang menunjukan bahwa banyak toksin mengendap dalam tubuh diantarnya adalah, apabila warna urin terlihat lebih gelap dari biasanya, sulit buang air besar ( lebih dari dua hari belum buang air besar ). Tanda lainnya adalah, badan terasa pegal, atau tidak nyaman.
Puru juga menyebutkan, tanda lain yang perlu diperhatikan adalah, rasa lapar meskipun sudah makan. “ Itu tandanya badan mulai kotor, beracun. Setelah detoks, makan sedikit juga tidak lapar”
Detoks akan membantu metabolism tubuh agar berjalan lebih baik. Dalam hal detoks, ada dua alternatif pilihan yaitu, full detoks dan semi detoks. Disebut full detoks jika hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan saja, dibarengi dengan minum air putih, boleh juga jus. Adapun semi detoks adalah, selain konsumsi pada full detoks, Anda masih bisa konsumsi makanan berkarbohidrat, dalam hal ini nasi merah.
Puru memberikan saran, agar empat hari sebelum melakukan terapi detoks Anda menghentikan konsumsi kafein, alkohol, teh, terigu, gula, dan minyak goring dengan kadar lemak tinggi.
Puru pun mengkombinasikan detoks dengan yoga. Menurut Puru, kelenturan tubuh juga mesti dijaga pada saat menjalani proses detoks. Sebab, racun bisa mengalami penumpukan pada otot dan persendian yang kaku karena Anda kurang gerak. Yoga bisa membantu mempercepat pembuangan racun. Proses detoksifikasi secara alami dengan keluarnya toksin melalui melalui urine, buang air besar, hingga keringat.
Lebih lanjut Puru juga menegaskan, program detoks bisa dilakukan untuk mereka yang berusia lebih dari 15 tahun. Detoks tidak direkomendasikan untuk wanita hamil, wanita yang sedang menstruasi, penderita gastritis, tekanan darah rendah, lemah ginjal, batu ginjal, diabetes kronis, hernia, hingga penyandang gangguan mental.
Apabila program detoks yoga dilakukan dalam kurun waktu 3 hari berturut-turut, akan membantu menurunkan berat badan paling tidak 2 kilogram, dan menjadikan tubuh lebih bugar. (Komp)

Belum ada Komentar untuk "Ini Tanda-tanda Tubuh Banyak Timbunan Racun"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel