5 Makanan Ini Ternyata Bagus Untuk Cegah Kanker Prostat


Kanker prostat adalah salah satu kanker seringnya menyerang kaum pria, terutama di kalangan orang yang telah berusia lanjut.

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang tumbuh pada bagian prostat, yang merupakan kelenjar dalam sistem reproduksi pria.

Hal tersebut dapat terjadi tatkala sel prostat mengalami mutasi dan mulai tumbuh dan berkembang di luar kendali.

Akibatnya, penderita kanker prostat akan mengalami rasa sakit, kesulitan saat buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya.

Meskipun Anda tidak dapat menghindari penyakit ini, namun fakta menyebutkan bahwa terbukti diet sehat mengurangi risiko kaum pria lansia terkena kanker prostat.

Dilansir laman kesehatan pria, berikut ini adalah beberapa makanan yang mampu mengurangi risiko kanker prostat.

Kunyit
Kunyit dikenal sebagi salah satu bumbu dapur. Namun, bumbu kuning ini mengandung curcumin, senyawa yang dapat memiliki sifat anti-inflamasi.

Studi menunjukkan bahwa curcumin mengubah metabolisme dalam sel kanker prostat.

Penelitian terbaru Jepang memperkuat gagasan bahwa senyawa ini mampu menekan penyebaran sel kanker prostat.

Semangka
Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017, terungkap bahwa untuk setiap miligram likopen yang dikonsumsi per hari, partisipan menunjukkan adanya penurunan 1 persen dalam risiko kanker prostat.

Kabar gembiranya adalah, semangka merupakan salah satu sumber likopen yang bisa diandalkan , di mana pada satu setengah gelas daging semangka merah mengandung 9 hingga 13 mg likopen.

Artichoke
Bagian inti yang empuk dari jenis sayuran berduri ini mengandung antioksidan ferulic acid, yang bisa menurunkan pertumbuhan sel kanker prostat.

Sebuah studi yang dilakukan Italia baru-baru ini mengungkapkan bahwa diet yang kaya akan asam ferulic dan caffeic (juga ditemukan dalam kopi) dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena kanker prostat.

Tips: Setelah memasak seluruh artichoke hingga lunak, kemudian belah dua, sikat dengan minyak zaitun dan jus lemon, dan panggang, putar sampai agak hangus.

Tambahkan garam, merica, dan mint sobek.

Ikan sarden
Sardine mengandung asam lemak omega-3, yang dapat meningkatkan kesehatan sel-sel prostat, kata David A. Levy, seorang ahli urologi di Institut Glycoman untuk Urologi dan Bedah Ginjal.

Konsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 dapat meningkatkan metabolisme sel-sel prostat setelah enam minggu, katanya.

Wortel
Wortel tak hanya memiliki kandungan senyawa yang bertanggung jawab untuk penglihatan yang baik, namun ternyata juga dapat membantu melindungi prostat.

Melalui sebuah studi baru-baru ini di Vietnam, pria yang makan banyak wortel memiliki peluang lebih kecil terkena  kanker prostat, yakni 65 persen lebih rendah daripada mereka yang makan buah lebih sedikit.

Sebabnya, karena karoten yang terdapat pada wortel mungkin lebih "bioaktif" daripada di makanan lain, artinya tubuh bisa menyerap nutrisi lebih baik.

Belum ada Komentar untuk "5 Makanan Ini Ternyata Bagus Untuk Cegah Kanker Prostat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel