Aplikasi Android, HP Android, Review Harga dan Spesifikasi

Cara mengatasi HP Android Tidak Mau Start, Boot Loop, atau mati Total


Apakah Anda pernah mengalami HP Android tiba-tiba tak mau restart atau boot loop? Ya, cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pilihan “factory reset” via Recovery Mode.
Factory Reset merupakan cara pintas untuk mengembalikan atau mengkondisikan software Android ke posisi awal bawaan pabrik. Secara umum, pilihan Factory Reset bisa menjadi solusi untuk sebagian besar permasalahan tablet atau HP Android, hanya saja langkah ini memiliki resiko kehilangan seluruh data dan aplikasi yang sudah terinstall atau tersimpan dalam internal memori. Namanya saja pilihan terakhir, mau nggak mau ya harus ada yang dikorbankan.
Untuk melakukan “Factory Reset” berikut langkahnya :
Pilih menu Settings (pengaturan), lanjut Privacy (privasi), kemudian  Factory data reset (reset data pabrik). 
Bagaimana kalau HP Android tidak mau masuk ke menu ? bahkan tidak mau di start sama sekali ?. Dalam kasus seperti ini Anda harus melakukan factory reset dengan cara recovery mode.
Apa yang dimaksud Recovery Mode ?, Recovery Mode adalah sebuah menu pilihan yang memungkinkan bagi kita untuk memperbaiki adanya kerusakan software pada Android. Namun tidak semua HP/tablet Android ada pilihan seperti itu, dan untuk alternatif solusinya bisa memakai Recovery Mode buatan pihak lain, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery.
Fungsi dari Recovery Reset itu sendiri diantaranya adalah :

  1. Jika HP Android tidak mau start atau hanya berhenti di logo saja (biasa disebut boot loop Android). Penyebabnya adalah, misalnya akibat ada aplikasi yang error atau baru saja menginstall aplikasi yang tidak kompatibel dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).
  2. Jika HP Android dapat dinyalakan, namun tidak mau merespon input dari pengguna, misalnya layar Android tidak mau disentuh atau tidak dapat masuk ke menu telepon / tablet.
  3. Bila Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang menyebabkan Anda tidak dapat masuk ke menu.
  4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.
Untuk melakukan factory reset via recovery mode secara garis besar dapat dilakukan dengan dua langkah mudah berikut.
Tahap 1: Masuk ke recovery mode
Untuk dapat masuk ke recovery mode Android, matikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > Anda akan masuk ke dalam recovery mode.
Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan)  bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.

Recovery mode tampilannya hanya berupa tulisan saja. Dan didalam recovery mode,  pada umumnya Anda tidak dapat menggunakan layar sentuhnya, jadi untuk navigasi naik dan turun, biasanya menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).












Tahap 2: Lakukan Wipe Data / Factory Reset
Setelah berhasil masuk ke recovery mode, yang Anda harus lakukan tinggal memilih fitur “Wipe Data / Factory Reset” setelah itu restart handphone Anda.
Agar Anda tidak bingung, berikut contoh cara melakukan factory reset pada handphone Android Samsung Galaxy Young:
  1. Pastikan baterai masih cukup banyak (minimal 70%)
  2. Matikan handphone
  3. Tekan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power secara bersamaan selama beberapa detik > Anda akan masuk ke recovery mode Android
  4. Dengan menggunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data”
  5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > harap sabar saat proses berlangsung
  6. Reboot handphone
Jadi, bila Anda mengalami boot loop pada handphone Android atau Anda lupa akan kata sandi atau pengunci pola handphone Android, yang perlu Anda lakukan hanyalah masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data
Note: Untuk masuk ke recovery mode, semuanya dilakukan dari kondisi handphone mati (off)
  •  Note: Pada masalah BootLoop, jika setelah dilakukan factory reset ternyata tidak memberikan solusi berarti (perangkat Android tetap tidak bisa masuk ke menu), maka  langkah penyelesaian pada umumnya dengan cara melakukan flash firmware atau menginstall ulang sistem operasi handphone).

Cara mengatasi HP Android Tidak Mau Start, Boot Loop, atau mati Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nazarudin Latif

20 komentar:

Rifa Pamungkas mengatakan...

Nice Post gan

Samsul Ramdhan mengatakan...

andoridku kena block krna salah masukin kunci pola,saya udah coba tekan tombl sesuaitulisan agan,tapi kok yang muncul cuma logo android dan segi tigax aja,tapi gak ada tulisan kayak d gambarx agan.
kenapa ya gan?

enjank koswara mengatakan...

gan ane udah di reset pake recovery mode tapi masih aja boot loop masih di logo terus dari pagi ampe malem di biarin sampe abis batre masih ga bisa , gmn yah pencerahannya?

enjank koswara mengatakan...

gan ane udah coba di factory reset tapi masih aja boot loop, pas di factory reset trus reboot dan masih aja tetep di logo nya terus dibiarin sampe abis batre masih gtu, gmn yah pencerahannya ?
thanks

seungie mengatakan...

@samsul coba gan home sama power saja

Johan Rangga mengatakan...

koq ane gak bisa masuk ke recovery mode yah Gan ?

Altitho April mengatakan...

Gan, hp ane evercoss A28A, ane recovery mode bhasanya cina nggk ngerti, ini gimana gan?

Asrizal Wahdan Wilsa mengatakan...

Akhirnya bisa juga trims infonya

Bagus Kurniawan mengatakan...

Gan gmna kok bka cwm pun boot loop

hai apri mengatakan...

gan kasih pencerahan dong...SGS2 ane ga bisa wipe data klo masuk recovery trus milih wipe data tidak jalan setelah 1 menit hh restart sendiri dan bootlop...intinya sih ga bisa wipe data...tolong di bantu dong para suhu

hai apri mengatakan...

SGS2 ane ga bisa wipe data pada recovery mode...saat memilih wipe data tidak jalan dan selang 1 menit hh restart sendiri dan bootlop...tolong pencerahannya dong suhu"

Rafli.fadilah Achmad mengatakan...

Gan . izin nanya, ini Tablet ane suka restart sendiri kalo jalanin aplikasi apapun, atau buka sms.
Ane sudah coba factory reset, dan ke samsung center untuk install ulang. Namun, data data yang bersangkutan masih ada dan tidak terhapus. Sehingga masih mati mati terus. Kata mbak-mbaknya ini kena motherboard nya dan harus ganti seharga 1.1 juta (yakali).
Nah, saya mau nanya.
1.Apakah mengganti motherboard hanya tinggal 1 1 nya cara?
2. Apakah ada solusi lain agar tab tidak restart lagi saat menjalanakan aplikasi?

Terimakasih

azhar maulandanny mengatakan...

gan, ane ga bisa masuk rescovery, tolong infonya... hp ane experia u

devi mengatakan...

Gan abis itu... Erase data??? Datanya ilang semua dong?

selly angels mengatakan...

gan x8 ane mati total karena salah install aplikasi apa kah masih bisa hidup lagi ga ya gan?

Android Lemot mengatakan...

makasih sudah sharing kebetulan ane punya problem bootloop...works gan tipsnya.

Torang Tambunan mengatakan...

@Devi

sdh dijelaskan di atas :"hanya saja langkah ini memiliki resiko kehilangan seluruh data dan aplikasi yang sudah terinstall atau tersimpan dalam internal memori. Namanya saja pilihan terakhir, mau nggak mau ya harus ada yang dikorbankan"

Anonim mengatakan...

Coba pnct tbl home

wira dharma mengatakan...

hp saya samsung tab2 kox ndak maw ya? cuma bsa sampai logo samsung aja?

rizki fawzan mengatakan...

Hp saya galaxy wonder gan.saya dah coba,tp kok ga bsa msk ke recovery ya gan,saya pijit sesuai intruksi,tp yang muncul tulisan 'ramdump mode/force upload' minta pencerahannya gan,klo berkenan lewat email rizkifawzantakdirsyah@gmail.com