4 Fakta Bangsa Ini Siap Menjadi Raksasa Internet Dunia


Mampukah Indonesia menjadi rakasa internet sejagat ?. Pertanyaan ini layak diajukan mengingat potensi besar yang dimiliki bangsa ini. Setidaknya karena jumlah penduduk nya yang sangat besar  mencapai  250 juta jiwa. 

Fakta bahwa  Indonesia memiliki segala potensi untuk menguasai lalu lintas internet dunia pun sangat disadari oleh para penggiat telematika. Ya, kita kita memiliki kemampuan  sumber daya bahkan melampaui Negara-negara maju.

Lantas apa fakta-fakta saja yang menjadikan bangsa ini potensial untuk memegang julukan raksasa internet dunia pada masa mendatang?


Pertama : lonjakan volume internet trafik 2 juta persen.
Jika dibandingkan dengan 10 tahun yang lalu pertumbuhan volume trafik internet menyentuh angka dua juta persen . Hal ini tentu saja sangat menggembirakan bagi perkembangan internet di tanah air.

Kedua : 250 juta orang pemakai seluler.
Populasi pengguna seluler mengalami pertumbuhan luar biasa, dengan jumlah pengguna nyaris setara dengan jumlah penduduk yakni sebesar 250 juta orang hingga akhir tahun lalu, dimana tercatat pengguna smartphone adalah 30 persennya. Jumlah pengguna sebesar itu merupakan salah satu catatan dan raihan terbesar dunia.


Fakta ini menunjukkan bahwa, jaringan telekomunikasi yang kita miliki saat ini sudah cukup memadai untuk menampung lalu lintas internet di seluruh penjuru negeri.


Perlu diketahui bahwa, data pengguna internet di tanah air hampir  mencapai 80 persennya adalah pengguna seluler, angka ini sangat signifikan dibanding dengan pengguna internet melalui media Personal Computer ( PC ).

Ketiga : pengguna jejaring sosial terbesar
Paling tidak ada 65 juta pengguna facebook aktif di tanah air. Dimana 33 juta diantaranya adalah mereka yang aktif memakai facebook setiap harinya. Jumlah ini menjadikan Indonesia merupakan salah satu Negara terbesar pemakai situs buatan Mark Zuckerbeg tersebut.

Disamping itu, beberapa jejaring sosial lain juga mencatatkan angka yang tak sedikit, twitter 700.000 pengguna, Line tercatat 10 juta pengguna. Sementara Google + dan Linkedin masing-masing memiliki 3,4 juta dan 1 juta pengguna.

Keempat : Ada 125 juta pengguna internet
Jumlah pengguna internet di Indonesia mengacu adat ICT Institute adalah 125 juta. Angka sebesar ini adalah mencakup seluruh pengguna internet, baik yang menggunakan PC maupun mereka yang mengkases internet atau media sosial dari gadget atau tablet dengan fitur yang tersedia.

Kalau melihat Angka pengguna internet yang sejumlah 125 juta, ini sama halnya dengan hampir separuh penduduk Indonesia sudah mampu mengakses internet. Dan jumlah ini akan terus bertambah berlipat, seiring semakan maraknya penggunaan ponsel selular untuk akses internet dan kemudahan infrastruktur lainnya.

Belum ada Komentar untuk "4 Fakta Bangsa Ini Siap Menjadi Raksasa Internet Dunia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel