Aplikasi Android, HP Android, Review Harga dan Spesifikasi

Cara Scanning Foto Menggunakan Smartphone

Sebagian besar smartphone yang beredar di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kamera 5-8 megapiksel dan aplikasi foto editing .

Mungkin selama ini Anda belum terpikirkan untuk memanfaatkan kecanggihan smartphone yang dimiliki untuk melakukan fungsi scanning foto.

Kini Anda bisa menggunakan smartphone Anda sehingga dapat menjadi alternatif scanning secara mudah dan lebih cepat dibanding mesin scanner yang sudah kita kenal. Dengan smartphone , Anda bahkan dapat memindai foto untuk disisipkan ke album - sesuatu yang tentunya tidak bisa dilakukan scanner konvensional .

Foto scan dengan smartphone mampu menghasilkan gambar dengan kualitas cukup tinggi. Bagaimana cara melakukan scan foto dengan smartphone ?  Anda bisa mengikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini.

1. Pastikan bahwa foto-foto yang akan di-scan adalah foto yang bersih dan jelas . Lebih bagus lagi, lakukan pengelapan pada permukaan foto, usap dengan lembut menggunakan kain-bebas serat atau sikat lembut ( seperti sikat cukur ), dalam kondisi kering .

2. Buka aplikasi kamera pada smartphone Anda . Matikan lampu kilat atau flash.

3. Pusatkan kamera langsung di atas foto, sebelum Anda melakukan pemotretan foto
    Arahkan posisi kamera lebih dekat atau lebih jauh dari foto , sehingga foto hampir mengisi bingkai jendela bidik .

 
4. Fokus lah dalam memotret, sehingga seluruh foto yang diinginkan masuk dalam bidikan. Hindari cahaya yang menyilaukan,  pantulan atau bayangan .
    
5. Lakukan hal yang sama untuk menambah jumlah foto yang akan di-scan. .


Selanjutnya, Anda tinggal membuka  aplikasi foto editing  pada smartphone Anda .(misalnya Foto di iPhone ) . Gunakan “alat potong” untuk memotong bidang foto sesuai keinginan. Anda juga bisa melakukan editing dalam hal kecerahan, kontras, dan warna. Intinya, lakukan editing secara maksimal untuk menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik.

   
Beberapa tips penting saat Anda melakukan pemotretan ulang foto adalah :

1. Jangan menggunakan zoom saat memindai foto. Ini akan mengakibatkan resolusi gambar semakin kecil, sehingga susah untuk dilakukan editing lebih lanjut.
2. Pastikan pencahayaan baik . Foto yang diambil dengan smartphone dalam kondisi cahaya rendah akan terlihat kasar .

Beberapa aplikasi foto  bahkan memungkinkan Anda memindai foto secara bersamaan 2-3 , kemudian secara otomatis memotong mereka ke dalam masing-masing foto - ini cukup dapat mempercepat scanning dan mengurangi kerja Anda .  Anda bisa mencari aplikasi Photo scanning pemotongan otomatis dengan browsing di internet.

Cara Scanning Foto Menggunakan Smartphone Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nazarudin Latif

0 komentar: