Aplikasi Android, HP Android, Review Harga dan Spesifikasi

Cara Mengatasi Blackberry Lemot


Bagaimana ya cara mengatasi Blackberry lemot ? Pertanyaan seperti ini seringkali kita dengar, dan problem sejenis ini memang sangat banyak dialami para pengguna smartphone Blackberry. Celakanya, masih banyak juga orang yang kurang paham tentang hal ini, dan bagaimana mengatasinya.

Ya, menjengkelkan memang saat kita sedang asyik pencet-pencet blackberry  tiba-tiba lemot, biasanya diawali dengan munculnya “jam pasir” atau sejenisnya, sontak blackberry tidak bisa dipakai sama sekali. Kecuali, kemudian kita lepas baterai dan pasang lagi…he2. Tapi itu kan lama, butuh waktu. Sedangkan kadang kita buru-buru untuk jawab sms, atau dalam posisi mau menerima panggilan. Kesal banget deh..

Tahukah Anda mengapa Blackberry Anda bisa lemot? Salah satu kemungkinan terbesarnya adalah banyaknya file tak berguna atau cache yang tersimpan dalam media penyimpanan Blackeberry Anda. Cache ini bisa terjadi salah satunya karena penumpukan atau tidak terhapusnya history percakapan, baik BBM, sms, maupun chatting. Maka sebaiknya, Anda harus rajin membersihkan memori Blackberry dari tumpukan file sampah seperti itu.

Lalu bagaimana cara mengatasi Blackberry lemot semacam itu ?. Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan demi menjaga smartphone blackberry tetap “sehat” dan maksimal kinerjanya :

1.     Rajin membersihkan cache
Caranya masuk ke menu,pilih “option”, lanjut pilih “Cache Operations”, lalu tekan “clear history”

2.     Jangan terlalu banyak install aplikasi
Cukupkan install pada aplikasi yang dianggap penting untuk aktifitas kita. Kadang banyak aplikasi ter-install tapi jarang pemakaiannya. Makin banyak aplikasi akan memperberat kinerja blackberry Anda.

3.     Selalu menutup chat BBM tiap kali selesai
Langkah ini dilakukan untuk menghemat memori. Kalau memang dirasa perlu menyimpan percakapan BBM, seperlunya saja.

4.     Jangan terlalu banyak gabung Grup BBM
Hindari join grup BBM terlalu banyak, karena biasanya semakin banyak grup akan semakin banyak lalu lintas percakapannya, otomatis akan menambah beban memori blackberry.

5.     Menghapus E-mail tak perlu
Kadang banyak e-mail yang tidak penting atau kadaluarsa masih tersimpan. Sebaiknya Anda hapus saja, supaya lebih ringan di memori.

6.     Menghapus Log

Rajin-rajin lah “clear log” dengan cara menekan ALT+L-G-L-G secara berurutan , kemudian tekan Menu Blackberry, dan pilih “clear log”.

7.    Dalam kondisi lemot atau “hang” yang terlalu lama, Anda bisa mencabut baterai, biarkan selama beberapa menit, lalu pasang lagi.

Itulah beberapa langkah dan cara mengatasi blackberry lemot. Semoga setelah ini, blackberry Anda tidak lemot lagi ya. Kalau masih lemot juga, solusi terakhir ya, mau nggak mau bawa ke tukang servis, atau beli baru….:).


Cara Mengatasi Blackberry Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nazarudin Latif

0 komentar: