Aplikasi Android, HP Android, Review Harga dan Spesifikasi

Tips Mengatasi Android Bootloop, Tidak Mau Start, dan Mati Total

Tips Mengatasi Android Bootloop, Tidak Mau Start, dan Mati Total – Salah satu masalah yang sering dijumpai pada smartphone android adalah : Android bootloop, mati total, hanya sampai logo saja, dan juga tidak bisa restart. Masalah ini memang cukup menjengkelkan, dan biasanya pengguna tak mau ambil pusing langsung bawa ke counter reparasi HP. Padahal, kalau Anda mau sedikit bersabar, dan coba perbaiki HP Android tersebut sendiri, masalah Android bootloop bukanlah permasalahan yang sulit juga.

Lalu bagaimana cara mengatasi HP Android bootloop, tidak mau start, atau mati total tersebut?. Langkah yang paling sederhana yang bisa Anda lakukan dalam hal ini adalah, dengan melakukan reset ulang ke pengaturan awal , atau “setelan pabrik”, biasa dikenal sebagai “Factory Reset” melalui fitur “Recovery Mode

Anda masih bingung juga dengan istilah Factory Reset ?, sedikit penjelasan dari kami, Factory Reset merupakan langkah atau prosedur untuk mengembalikan pengaturan sebuah HP Android ke kondisi semula, atau pengaturan bawaan dari pabrik, seperti saat pertama kali Anda beli.

Pengenalan tentang macam-macam kategori Android Bootloop :

1. Android Light Bootloop

Bootloop pada Android jenis ini biasanya berawal pada saat pengguna ponsel Android atau tablet pemakaian sepertinya tidak ada masalah, namun pada saat Install Aplikasi, main game, dsb, secara tiba-tiba Android, Tablet anda mengalami Reboot atau Restart sendiri secara otomatis, dan pada saat dihidupkan kembali berhenti sampai logo saja.

2. Android Medium Bootloop

Permasalahan Android bootloop jenis medium terjadi karena pengguna melakukan upaya perbaikan dengan mengutak-atik Android sampai ke System Recovery, dimana langkah ini biasa dilakukan untuk membuka system (rooting). Tipe Android Medium Bootloop ini dikategorikan sebagai kerusakan smartphone android level menengah.

3. Android Hard Bootloop

Tipe berikutnya adalah , Android hard bootloop. Hal ini biasanya terjadi disebabkan kita melakukan edit sricpt pada Android . Salah satunya adalah, meng-upgrade OS. Umumnya, jika kita hendak melakukan edit sricpt pada smartphone android, kita mesti melakukan rooting Android agar mendapatkan akses masuk ke system admin android. Salah satu indikasi yang menonjol untuk Bootloop pada Android jenis ini adalah ketika smartphone android dinyalakan hanya sampai logo saja atau berhenti di logo, dan tak bergerak lagi.

Kabar baiknya, secara umum nyaris banyaknnya permasalahan yang terjadi pada HP dan tablet Android dapat dengan cukup mudah, yaitu dengan melakukan Factory Reset. Sayangnya, langkah memiliki dampak pada hilangnya data-data penting yang telah di-install sebelumnya, sehingga Anda terpaksa harus melakukan install ulang.

Saran kami, sebaiknya Anda melakukan Factory Reset ketika tidak ada pilihan yang lebih baik, alias opsi terakhir, dan memang Anda sudah melakukan berbagai upaya lain namun tak kunjung berhasil untuk menyelesaikan masalah pada smartphone android. Sekiranya Anda sudah sangat yakin, tidak jalan lain untuk mengatasi android boot loop, mati total, atau tidak bisa start, maka lakukan saja “Factory Reset” dengan segala resikonya. Adapun cara melakukan factory reset, Anda bisa mengikuti langkah berikut :

Cara mengatasi Android Bootloop


Silahkan masuk ke menu Setting>> Privacy >> Factory Data Reset

cara mengatasi android bootloop

Bagaimana sih cara mengatasi HP/Tablet Android mati total, sama sekali tidak mau restart..langsung saja kita bahas tipsnya ya.

Anda bisa melakukan “Factory Reset” dengan melalui cara Recovery Mode.

Recovery Mode adalah, merupakan sebuah menu pilihan yang dapat dipakai sebagai slah stau cara untuk memperbaiki kerusakan software pada Android.

Namun demikian, tak semua HP/tablet Android terdapat pilihan menu tersebut, sebagai alternatifnya Anda bisa memanfaatkan software dari pihak lain, seperti ClockwordMod Recovery atau xRecovery .

Masih bingung dengan istilah Recovery Mode ?. Berikut ini beberapa kegunaan atau fungsi Recovery Mode yang bisa dimanfaatkan, terutama jika Anda mengalami masalah dengan smartphone Android berikut ini :

1. Tablet atau HP Android tidak bisa start atau berhenti dan sampai di logo saja (biasa disebut bootloop Android). Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya akibat ada aplikasi error, bisa juga karena baru saja menginstall aplikasi yang tidak cocok dengan tipe handphone (dalam banyak kasus, setelah menginstall font changer).

2. HP Android /tablet/smartphone Android bisa dihidupkan, namun tidak mampu merespon input dari pengguna, seperti layar Android tidak mau disentuh atau tidak mau masuk ke menu telepon / tablet.

3. Jika Anda lupa PIN, Password atau Anda terlalu banyak melakukan percobaan menggambar pola (pattern) pengunci ponsel Android yang berakibat tidak dapat masuk ke menu.

4. Kerusakan-kerusakan software Android lainnya.

Cara Mengatasi Android bootloop, mati total, tidak mau start


Berikut ini cara melakukan factory reset melalui prosedur recovery mode kami jelaskan agar dapat membantu mengatasi masalah yang sedang Anda hadapi . Ada dua langkah yang harus dilakukan sebagai berikut.

Langkah pertama : Masuk ke recovery mode

Bagaimana cara masuk ke menu recovery mode Android : silahkan matikan dulu handphone / tabletnya > tekan dan tahan beberapa tombol Android secara bersamaan (misalnya tombol vol Up + Vol Down + power secara bersamaan) > selanjutnya masuk ke dalam recovery mode.

Note: Cara masuk recovery mode (tombol yang harus ditekan) bisa berbeda-beda antara satu tipe HP dengan tipe lainnya.

Ingat, bentuk dan tampilan Recovery mode hanya berupa tulisan saja. Setelah masuk pada menu recovery mode, biasanya Anda tidak bisa memakai touch screen, dalam hal ini touch screen sudah tidak berfungsi. Jadi, untuk keperluan navigasi naik dan turun untuk melakukan pilihan menu berikutnya, Anda bisa menggunakan tombol volume (tergantung tipe handphone Android).

Langkah kedua : Wipe Data / Factory Reset

Pada saat Anda sudah berada pada menu recovery mode, Anda bisa memilih opsi “Wipe Data / Factory Reset” , kemudian lakukan restart smartphone Anda.

Sebagai contoh, maka disini akan kami berikan sedikit penjelasan cara melakukan factory reset pada HP Android Samsung Galaxy Young:

1. Daya baterai usahakan masih cukup (minimal 70%)
2. Matikan handphone
3. Tekan secara bersamaan dan tahan tombol Volume Up + tombol HOME + tombol Power beberapa detik > selanjutnya masuk ke menu recovery mode Android
4. Gunakan tombol Volume, arahkan kursor hingga berada di tulisan “Factory reset / wipe data
5. Tekan tombol HOME untuk memulai proses > tunggu sesaat, dan harap sabar saat proses berlangsung
6. Reboot atau Restart smartphone android Samsung Galaxy Young Anda.

Jika HP Android atau Tablet Anda mengalami masalah boot loop , atau Anda lupa dengan password atau pengunci pola handphone Android, salah satu cara memperbaikinya adalah dengan masuk ke recovery mode > lakukan Factory Reset / Wipe data.

Dan untuk bisa masuk ke dalam menu Recovery Mode, hanya dapat dilakukan pada kondisi handphone mati (off)
Namun jika masalah HP Android Bootloop, demikian juga masalah Android tetap tidak bisa masuk ke menu, tidak bisa dipecahkan dengan cara melakukan factory reset, maka cara mengatasinya adalah dengan cara melakukan flash firmware, atau install ulang sistem operasi handphone).

Bagaimana, apakah penjelasan tentang cara mengatasi android bootloop, mati total, dan tidak mau start, dapat memberi solusi bagi masalah smartphone android yang sedang Anda hadapi. Sebagai informasi, sara ini sudah berhasil saya terapkan untuk mengatasi masalah Tablet Advan saya yang mati total.

Tips Mengatasi Android Bootloop, Tidak Mau Start, dan Mati Total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nazarudin Latif

0 komentar: