Aplikasi Android, HP Android, Review Harga dan Spesifikasi

6 Langkah Jitu Meningkatkan Performa Smartphone Android Tanpa Rooting

Meningkatkan Performa Smartphone Android Tanpa Rooting - Proses root atau 'pembebasan' akses sistem operasi Android bagi beberapa orang mutlak dibutuhkan untuk meningkatkan performa smartphone android. Namun, tidak setiap pengguna ingin smartphone mereka di-root.

Bagi sebagian pengguna android, sudah taka sing lagi dengan istilah “root”. Proses root dimaksudkan agar pengguna dapat memperoleh akses yang tak terbatas terhadap sistem operasi android. Dengan melakukan root, pengguna android dapat secara bebas menginstall aplikasi tanpa khawatir dengan keterbatasan ruang simpan.

Ya, hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan segala potensi dan kemampuan yang dimiliki android, untuk manfaat lebih banyak bagi pengguna.

Meski demikian, tak semua pengguna smartphone android tertarik untuk melakukan root, karena ada pertimbangan tertentu. Tak hanya, hangusnya garansi dari pabrik yang bisa jadi merupakan petaka bagi pengguna, namun juga ada resiko lain akibat root, seperti ; mati total, dan rawan terhadap virus. Sebagian pengguna juga sudah merasa nyaman dengan mencukupkan pada pembatasan aplikasi, sehingga tak butuh root lagi.

meningkatkan performa smartphone android

Jika Anda termasuk pada pengguna yang enggan melakukan root pada smartphone karena berbagai alasan dan pertimbangan, maka beberapa tips berikut ini bisa menjadi solusi mudah untuk meningkatkan performa smartphone. Harus diakui, optimalisasi fungsi ini belum bisa disejajarkan dengan rooting, tapi tak ada salahnya untuk diterapkan

Lakukan restart secara berkala

Dengan cara ini akan membantu menghapus cache, atau sampah yang tersisa setelah kita melakukan kegiatan online. Setelah melakukan restart biasanya performa smartphone akan lebih cepat dan ringan, sehingga mengurangi jeda, walaupun aplikasi yang Anda install cukup banyak.

Hindari install banyak aplikasi

Kenali spesifikasi dan kemampuan smartphone yang Anda miliki, dan install aplikasi sesuai kebutuhan. Gunakan hanya aplikasi yang menunjang aktifitas Anda. Memasang banyak aplikasi secara otomatis akan mengurangi ruang memori dalam smartphone, dan akan sangat berpengaruh terhadap performa smartphone android secara menyeluruh. Android pun jadi lambat.

Rajin update OS Android

Tak kalah pentingnya adalah, Anda mesti selalu meng-update OS Android atau ROM yang disediakan oleh pabrikan, jangan malas atau menunda melakukan update. Update OS dan ROM Android umumnya merupakan pembaruan sistem dari vendor, yang bertujuan untuk meningkatkan performa smartphone agar tetap terjaga dan stabil.

Rutin menghapus aplikasi yang tak dibutuhkan

Setelah sekian waktu sebuah aplikasi Anda install, bisa jadi sudah tidak dibutuhkan lagi pemakaiaanya, maka sebaiknya aplikasi tersebut Anda copot. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya untuk menghemat ruang memori smartphone, dan menjaga performanya supaya tetap stabil. Kalau memang masih dibutuhkan, sebaiknya Anda melakukan update atau menggantinya dengan aplikasi terbaru.

Nonaktifkan aplikasi

Bisa jadi Anda masih enggan menghapus aplikasi walaupun jarang digunakan, Anda masih bisa mengakalinya untuk tetap bisa meningkatkan performa smartphone, yaitu dengan cara mematikan sementara aplikasi yang kita maksudkan.

Anda bisa melakukan langkah “disable” terhadap aplikasi tersebut, dengan memilih “Aplikasi” pada menu “pengaturan”. Langkah ini bersifat menghentikan sementara, bukan menghapus aplikasi.

Rajin update aplikasi

Apabila ada update aplikasi dari sebuah developer aplikasi, sebaiknya Anda tidak menunda untuk melakukan update atau pembaruan aplikasi tersebut. Lazimnya, pengguna smartphone android mengabaikan notifikasi pembaruan tersebut.

Anda mesti tahu, bahwa update aplikasi merupakan upaya perbaikan dari developer untuk mengurangi atau menghilangkan bug pada aplikasi tersebut. Bahkan, ada yang dimaskudkan untuk meningkatkan performa smartphone android itu sendiri.

6 Langkah Jitu Meningkatkan Performa Smartphone Android Tanpa Rooting Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Nazarudin Latif

0 komentar: